Memilih Atap Rumah untuk Rumah Minimalis

Agar rumah dan isinya terlindungi dari terik panas matahari, hujan dan dinginnya malam setiap rumah pasti memiliki atap rumah. Atap rumah sering ditutup dengan genteng. Setiap rumah dapat menjadi lebih nyaman dengan pemilihan genteng yang tepat. Rumah menjadi terlihat lebih menarik bila desain rumah juga serasi dengan pemilihan atap rumah yang tepat. Terlebih lagi rumah dengan desain minimalis akan tampak serasi dengan pemilihan warna yang tepat.

Pemilihan genteng yang tidak tepat dapat menyebabkan kondisi dalam rumah tidak nyaman. Genteng yang dipilih sembarangan juga gampang rusak sehingga sering memerlukan penggantian. Genteng yang baik biasanya memang sesuai dengan harga, namun kita dapat menyesuaikan sesuai kemampuan. Dalam beberapa kasus seperti di tempat penulis yang pernah terkena dampak letusan gunung. Terbukti bahwa genteng yang berkualitas juga menunjukkan perbedaan yaitu genteng yang biasa perlu dibersihkan dari abu vulkanik dengan sudah payah  namun, genteng yang bagus tanpa perlu susah payah, abu vulkanik dapat turun sendiri menuruni genteng berkualitas yang dipasang dengan kemiringan yang tepat.

Genteng Kaca
Bahan material dari genteng ini adalah kaca tembus pandang. Penggunaan genteng kaca biasanya terbatas untuk menghadirkan cahaya matahari dalam ruangan. Karena sifatnya yang transparan genteng kaca dapat tembus cahaya matahari. Atap kaca juga dapat menimbulkan kesan modern pada hunian. Untuk beberapa bagian rumah yang memerlukan tambahan cahaya yang kurang bila didapatkan dari jendela atau pintu genteng kaca dapat dipilih sebagai alternatif. Kelemahan genteng kaca tentusaja seperti sifat kaca yaitu mudah pecah dan bila intensitas cahaya matahari disertai panas menyengat maka akan ikut tembus masuk kedalam ruangan.
genteng kaca

Genteng Tahan Liat
Genteng tanah liat merupakan genteng yang paling familiar dan sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Genteng tanah liat sekarang ini mempunyai banyak model dan harga. Pada proses pembuatannya genteng tanah liat dibuat dari dari tanah liat yang dibakar. Genteng tanah liat memerlukan rangka atap dengan kemiringan yang didesain agar air hujan mudah turun. Genteng tanah liat relatif mudah di pasang dengan sistem saling terkait atau interlock tanpa baut. Genteng jenis ini juga kuat diinjak dan mampu menahan panas dengan baik. Kelemahan dari genteng ini adalah genteng ini mudah berlumut bila tidak dilapisi cat.
atap tanah liat

Genteng Keramik
Genteng yang satu ini sekarang mulai marak di kalangan masyarakat. Karena sifatnya yang kuat sehingga lebih awet dan mampu menahan beban lebih dari pada genting yang lain. Sekarang ini genteng keramik memiliki banyak model dan warna yang tahan terhadap cuaca. Keramik juga memiliki sifat mampu meredam panas sehingga suhu dalam ruangan dapat terjaga. Sebenarnya genteng keramik disebut demikian karena memang dari bahan keramik seperti keramik biasa namun diproses lagi dengan finishing glazur. Kekurangan dari genteng ini adalah pemasangannya walaupun mudah yaitu dikaitkan dengan baut sistem interlock namun perlu diperhatikan sudut kemiringannya minimal 30 derajat dan harus dipasang dengan teliti agar tidak bocor.
atap keramik

Genteng Asphalt
Aspal yang satu ini bukan aspal biasa untuk jalan, Genteng aspal cukup dikenal di luar negeri, namun di Indonesia mungkin belum banyak yang tahu. Genteng aspal memiliki banyak pilihan model. Ada model datar yang pemasangannya tinggal di lem ada juga yang model bergelombang sehingga pemasangannya perlu di sekrup. Untuk menimbulkan kesan yang unik dan berkelas genteng aspal banyak dipakai di rumah bergaya eropa. Rumah minimalis juga cocok menggunakan genteng aspal. Genteng aspal mempunyai kelebihan ringan, lentur dan mudah pemeliharaan. Bila rusak dapat dipotong dengan cutter kemudian diganti dengan genteng baru yang sesuai dengan potongan genteng yang rusak sebelumnya.
atap aspal

Genteng Asbes
Genteng asbes sudah memasyarakat di Indonesia selain harganya yang cukup ramah, genteng asbes relatif mudah didapat dan mudah dalam pemasangannya. Namun genteng asbes memiliki kekurangan yaitu genteng ini mudah pecah, kurang mampu menahan panas tapi masih lebih baik dari pada atap seng, dan dari segi kesehatan genteng asbes dapat menyebabkan penyakit asbestosis. 

Genteng Metal
Genteng metal cukup banyak juga mulai digunakan di rumah-rumah. Genteng ini mempunyai beragam warna dengan karakteristik anti lumut dan diklaim tidak menimbulkan panas berlebihan. Kelebihan yang lain dari genteng ini adalah genteng ini tidak mudah bocor dan memiliki bobot yang ringan. Untuk pemasangan genteng ini cukup mudah dengan menggunakan skrup saja. Namun kelemannya yaitu genteng ini memerlukan ketelitian dan kerapihan dalam pemasangan, karena bila tidak rapi akan tampak.
atap metal bertekstur