Cara Membersihkan Nat Lantai Keramik

Nat biasa dikenal sebagai bahan untuk mengisi celah diantara ubin keramik yang dipasang. Nat berfungsi untuk memperkuat dan memperindah tampilan ubin keramik  yang dipasang. Pada umumnya nat terbuat dari campuran air, pasir dan semen. 

Ketika keramik dipasang, tidak jarang tertinggal sisa-sisa nat yang menempel dipermukaan keramik. Nat tersebut memiliki kekuatan yang hampir sama dengan semen, sehingga bila terlanjur kering akan susah dibersihkan. Pada saat keramik dipasang dan diberi nat  cara terbaik untuk membersihkan nat yang meluber keatas keramik adalah dengan segera membersihkannya sebelum kering menggunakan kain lap saja.

Namun tidak jarang karena keteledoran atau ketidak tahuan, maka tukang pasang keramik tidak membersihkan nat yang membuat tampilan keramik menjadi buruk. Sehingga ketika setelah keramik terpasang dan nat sudah kering, ditinggalkan begitu saja. Akibatnya sang pemilik rumahlah yang harus membersihkannya sendiri.
cara membersihkan nat keramik lantai

Keramik yang terlanjur kotor oleh nat akan susah dibersihkan bila tekstur permukaan keramik kasar. Karena nat akan mengisi celah-celah kecil di permukaan keramik. Untuk keramik yang memiliki tekstur halus, maka akan lebih mudah dibersihkan.

Cara membersihkan Nat keramik yang terbukti berhasil
Tulisan ini merupakan hasil pengalaman kami saat membersihkan noda nat yang terlanjur kering dan menempel kuat di permukaan keramik kasar dengan tekstur batu-batuan. Kami telah mencoba dengan berbagai tips di Internet dengan hasil yang tidak maksimal. Diantaranya dengan cairan pembersih porselen dan keramik kamar mandi, menggunakan baking soda, dan lain sebagainya bahkan dengan menggunakan benda keras tetap saja hasilnya tidak memuaskan.

Akhirnya cara yang telah terbukti berhasil adalah dengan menggunakan cairan HCL yang dapat diperoleh di toko bahan bangunan. Caranya adalah sebagai berikut
  1. Gunakan sarung tangan pelindung (tahan asam kuat), siapkan cairan HCL dan kain lap yang nantinya sebaiknya setelah digunakan dibuang
  2. Buka penutup wadah HCL kemudian isi basahi ujung lap dengan cairan sedikit saja.
  3. Gosokkan ujung kain lap yang sudah dibasahi ke permukaan kermik yang terkena nat
  4. Tunggu hingga cairan kering
  5. Gosok lagi permukaan keramik yang terkena nat dengan lap yang kering
  6. Nat akan rontok dan keramik menjadi bebas dari nat


Sebaiknya saat menggunakan cairan HCL anda berhati-hati, sebab dapat menyebabkan gas yang tidak sedap dan juga menyebabkan iritasi di kulit. Paling penting hindarkan dari jangkauan anak-anak.