Cara Pengeringan Buku Yang Basah

Pada waktu musim hujan, membawa buku didalam tas menjadi sesuatu yang riskan untuk basah. Maka tidak jarang bila perlu untuk melapisi buku tersebut dengan plastik sehingga air tidak membasahi buku. Bila saja tas yang dibawa tahan air (water proof) maka tentu akan banyak membantu.

Terkadang, secara tidak disengaja atap rumah yang bocor membuat air dapat masuk melalui celah sehingga menetek ke rak tempat menyimpan buku. Tidak ayal buku kesayangan ataupun buku pelajaran menjadi basah. Kalau sudah begini tidak perlu marah-marah tapi segera lakukan tindakan penyelamatan agar kerusakan tidak menjadi lebih parah.
pengeringan buku yang basah

Langkah yang dapat kita lakukan untuk menyelamatakan buku basah antara lain sebagai berikut:
  1. Buku bisa diselamatkan bila kita memahami tingkat kebasahannya. Bila air bisa menetes dari buku berarti tingkat kebasahan buku masih rawan rusak. Jangan membuka buku terlebih dahulu hingga kadar air benar-benar minim. Singkirkan kadar air dengan cara menggoyangkannya dan mengelap air yang menetes dengan tissue. 
  2. Pisahkan buku yang telah basah dengan buku lain yang masih kering. Jangan biarkan buku basah menempel dengan buku yang kering. Pisahkan lembar-perlembarnya agar tidak mengering dalam keadaan masih menempel. Sebab bila sudah kering dalam keadaan saling menempel, maka akan menyebabkan robek saat dipisahkan. Bila lembaran buku dalam kondisi lembab atau tidak terlalu basah, taburkan bedak kering yang tidak meninggalkan warna atau tissue bila kondisi buku masih terlalu basah dalam lembaran-lembaran buku tersebut, sehingga air terserap oleh bedak atau tissue. Biarkan bedak menyerap air beberapa saat, kemudian setelah kering bersihkan dengan  kuas halus.
  3. Jika buku sudah hampir kering, anda bisa membantu pengeringan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan lembaran halaman buku. Bila tidak ada hair dryer bisa juga menggunakan setrika baju. Tetapi untuk mengeringkan jaga agar setrika tidak terlalu panas. Agar tidak malah rusak. Pengeringan ini bisa dilakukan bila buku tidak terlalu rusak. Namun bila terlanjur basah hingga layu dan rapuh maka sebaiknya tidak terlalu memaksakan cara ini. 
  4. Saat buku sudah kering, buku bisa ditumpuk dengan buku yang lain agar kertas tidak mengembang sehingga lembaran kertas didalamnya dapat tetap tertata rapi.


Walaupun cara diatas dapat menyelamatkan buku sehingga bisa dibaca kembali, namun jangan berharap untuk bisa mendapatkan buku kembali seperti baru. Karena kertas bila sudah terkena air maka akan susah kembali seperti asalnya. Paling tidak buku anda masih bisa dibaca kembali untuk diambil manfaat dari isinya.