Glassblock Sebagai Sumber Cahaya Atap Beton

Tulisan ini sebenarnya berawal dari keinginan saya untuk mencoba memasang glasblock di atas garasi rumah orang tua yang ketika direncanakan di buat dari beton. Maklum kami masih tinggal bersama orangtua di kota kecil dan awalnya kami sekeluarga tidak memiliki referensi dari ahli bangunan apalagi tentu tidak sekolah khusus civil tapi cuma meraba-raba menggunakan  imaginasi. Kami sempat kebingungan menjelaskannya ke tukang bangunan yang kebetulan juga belum pernah pasang.

Akhirnya saya mencoba mencari tahu lewat google dan kebetulan juga masih jarang artikel yang membahas tentang pemasangan glasblok untuk atap beton. Yang ada cuma beberapa tulisan dan gambar dari situs luar negeri yang akhirnya tetap saja kami comot untuk menjelaskan ke tukang bangunan. Syukurlah akhirnya tukang bangunan kami paham dan ketika akan melakukan pengecoran, tidak lupa sudah disertakan glasblock yang akan menjadi sumber cahayanya.

Rumah hunian sekarang ini sudah banyak yang menggunakan atap dak atau beton. Atap dak atau beton biasanya berbentuk datar dengan ketebalan yang bervariasi tergantung kebutuhan dan peruntukannya. 

Saat ini atap dak ada yang sudah tercetak berbentuk panel-panel sehingga tinggal dipasang. Atap dak biasanya dibuat dari campuran pasir, semen, dan batuan split dengan tulang berupa besi baja. Besi untuk atap beton biasanya minimal berukuran 10 standar SNI, bisa dipilih ulir atau biasa sesuai kebutuhan.

Keunggulan atap beton

Atap dak dikenal awet dan selain itu mampu memberikan stabilitas suhu yang lebih baik, sehingga banyak orang yang menyukai jenis atap ini. Sebenarnya keunggulan atap dak tidak sampai hanya disitu saja namun ada beberapa keunggulan lainnya yaitu:
  • Permukaan yang datar dan kuat, sehingga banyak difungsikan sebagai lantai tambahan diatas bangunan
  • Tahan terhadap cuaca, angin dan suhu ekstrim
  • Lebih Mudah dibersihkan dari pada atap genteng
  • Mudah diaplikasikan menyesuaikan gaya rumah, misalkan pada gaya modern atau gaya minimalis
  • Tahan api sehingga banyak dipilih untuk bangunan aman
  • Memiliki sifat Kedap air yang tergolong baik

Kekurangan atap beton

Dibalik berbagai keuntungan atap dak tentu saja ada kekurangannya, antara lain:
  • Banyak membutuhkan biaya
  • Proses pengerjaanya rumit dan memerlukan perhitungan yang matang
  • Mudah terserang lumut bila tidak dibersihkan
  • Memiliki bobot yang berat sehingga memerlukan penyangga yang kuat seperti balok beton untuk menyangga atap
  • Lebih susah untuk direnovasi karena susah dibongkar
  • Memerlukan ventilasi yang memadai
glassblock di atap beton

Karena atap beton tidak tembus cahaya, maka sebaiknya bila anda ingin ruangan dibawah atap beton tetap terang maka anda perlu menambahkan jendela pada dinding ruangan. Bila menambah jendela tidak mungkin, maka anda perlu memberikan benda tembus cahaya pada beton. Benda tersebut contohnya glassblock. 

Glassblock yang diimplementasikan pada atap beton biasanya perlu disusun dan direncanakan agar lebih mudah dan memberikan cahaya optimal sebelum atap beton jadi. Susunan glasblock yang direncanakan dengan baik juga dapat memberikan efek menarik sebagai hiasan atap beton. Terlebih lagi apabila ruangan berukuran panjang dan lebar lebih dari 3m2, maka cahaya yang menembus glasblok dapat terpendar dan menimbulkan efek seperti lampu dimalam hari.


Glassblock Sebagai Sumber Cahaya Atap Beton

Dari pengalaman saya atap beton yang diberi glasblock sebagai sumber cahanya terbukti ampuh membuat ruangan jadi terang sehingga mengurangi penggunaan lampu dan listrik disiang hari. Dengan syarat jumlah glasblock yang terpasang cukup untuk memenuhi kebutuhan sumber cahaya dan pastikan selalu bersih agar cahaya dapat terus menerobos lewat kaca glasblock. 

Untuk masalah panas atau tidak, menurut saya tergantung dari jumlah glasblock yang terpasang, ventilasi ruangan, dan juga ukuran ruangan tentunya juga ada pengaruh wilayah. Misalnya wilayah pegunungan pasti akan beda degan wilayah pantai. Dirumah saya sendiri suhu dalam ruang beton dengan glasblock, ketika terik disiang hari tidak terasa panas dengan susunan glasblock seperti gambar  dibawah. Ukuran atap 3x3 m2 diisi dengan 8 buah glasblock yang disusun 4 buah 4 buah. Kebetulan ruangan kami panjang 9m yang dibagi menjadi 3 petak seperti pada gambar diatas. 

Susunan glasblock yang ditata rapat menurut saya akan memberikan efek hangat atau panas yang lebih tinggi dibandingkan glasblock yang disusun terpisah-pisah. Jadi bila anda lebih suka hawa sejuk sebaiknya jangan menata glasblock terlalu rapat.
Glassblock Sebagai Sumber Cahaya Atap Beton
Bagi anda yang akan membuat atap beton untuk bangunan apapun yang tidak memiliki jendela di dinding dan ingin menggunakan glasblock sebagai sumber cahaya dari atap, maka perlu merencanakan dulu bagaimana bentuk atap dak dan bagaimana susunan glasblock yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai setelah atap dak sudah jadi baru kepikiran kenapa tidak diberi sumber cahaya, akhirnya mengandalkan lampu yang terus menyedot listrik. 

Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.