Cara Mengusir Tikus dan Membasmi Tikus Dalam Rumah

Rumah ringkes kali ini membahas hewan pengerat yang suka membuat kotor rumah. Hampir disetiap rumah didapati hewan yang suka mencuri makanan ini. Selain membuat kotor, merusak perabotan, dan bau, hewan ini juga membawa dampak buruk bagi kesehatan. Oleh sebab itu sebaiknya anda perlu mengusahakan agar hewan tersebut tidak betah dan bersarang di rumah. Hewan tersebut sering kita kenal dengan sebutan tikus. 

Beberapa usaha yang sering dilakukan orang untuk mengusir tikus dalam rumah antara lain:
  1. Dengan cara membuat perangkap tikus
  2. Dengan cara membasmi tikus
  3. Dengan cara mengusir tikus 
  4. Dengan cara menggunakan suara jangkrik pengusir tikus
  5. Dengan cara mengusir tikus secara alami

Agar lebih jelas, mari kita bahas satu-persatu cara diatas.

Dengan cara membuat perangkap tikus

Perangkap tikus pada umumnya dapat kita peroleh ditoko-toko peralatan rumah tangga bahkan supermaket. Perangkap tikus sekarang ini bermacam-macam bentuknya antara lain:
  • Lem tikus
  • Alat mekanik perangkap tikus yang menjepit tikus
  • Alat perangkap tikus dengan kurungan

Tidak semua orang menyukai cara menangkap tikus dengan alat-alat seperti diatas, sebab tidak semua orang mau melihat atau bahkan memegang tikus. Sedangkan bila dengan menggunakan alat-alat diatas, mau atau tidak mau anda harus membunuh tikus kemudian melepaskannya untuk dibuang. Namun, kelebihan menggunakan alat diatas, alat tersebut dapat digunakan berkali-kali asal dicuci dahulu agar tikus mau masuk atau mendekati perangkap sehingga dapat tertangkap.
cara membasmi tikus dalam rumah

Dengan cara membasmi tikus

Membasmi tikus yang dimaksud dalam artikel ini yaitu kegiatan yang dilakukan dengan cara langsung membunuh tikus dalam jumlah banyak. Pada umumnya orang menggunakan racun untuk melakukan hal ini. Untuk mendapatkan racun tikus juga tergolong sangat mudah. Sekarang bahkan ada racun tikus yang tersedia di supermaket dan minimarket sekitar rumah anda. 

Kelebihan menggunakan racun tikus adalah, anda dapat melakukannya sekali namun dapat membunuh tikus dalam jumlah banyak. Sayangnya cara membasmi tikus merupakan cara yang tergolong berbahaya. Sebab bila ada anggota rumah tangga yang belum mengerti (misalkan:anak-anak) dapat tertelan sebab dikira makanan. Selain itu juga tikus yang sudah memakan umpan beracun tidak langsung mati namun masih dapat melarikan diri kemudian mati ditempat-tempat yang mungkin sulit untuk dijangkau. Sehingga lama kelamaan menimbulkan bau tidak sedap. Efek samping membasmi tikus dengan racun seringkali membuat orang tidak menyukai cara ini.

Dengan cara mengusir tikus

Orang yang tidak tegaan biasanya lebih menyukai Cara mengusir tikus dengan Cuka dan Bau bauan. Tikus memiliki sifat tidak menyukai bau-bau harum yang sangat menyengat ataupun bau dengan aroma tertentu. Oleh sebab itu kita dapat memanfaatkan sifat ini dengan cara mengusir tikus tanpa membunuhnya. Bau harum yang menyengat dapat kita dapatkan dengan memanfaatkan kapur barus, daun mint, buah mengkudu, dan kulit durian. Caranya yaitu dapat dengan meletakkan bahan-bahan tersebut dijalur ataupun di tempat-tempat yang biasanya dihuni tikus.


Dengan cara menggunakan suara jangkrik pengusir tikus

Jangkrik merupakan hewan yang dapat mengeluarkan bunyi yang keras dengan cara menggetarkan sayapnya. Suara jangkrik diyakini dapat mengganggu konsentrasi tikus, bahkan membuat tikus menjauhi tempat dengan bunyi tersebut. Suara jangkrik dapat anda dapatkan dengan memelihara jangkrik hidup atau dengan mendownload mp3 suara jangkrik pengusir tikus. Untuk mendapatkan jangkrik hidup anda dapat membeli di toko pakan burung. Untuk memelihara jangkrik yang dapat ngerik jangka panjang anda perlu jangkrik jantan dan meletakkan di tempat terpisah. Bila disatukan akan saling memakan sehingga mati.

Dengan cara mengusir tikus secara alami

Cara alami mengusir tikus adalah dengan menggunakan predator tikus. Predator tikus adalah kucing, anjing atau ular. Untuk ular tidak semua orang mampu menangani ular walaupun tidak berbisa. Anda bisa pilih anjing atau kucing bila anda muslim memelihara anjing tidak disarankan. Kucing dan tikus merupakan musuh alami yang ideal. Untuk kucing anda juga harus pilih jenis kucing yang mampu menangkap tikus bukan kucing untuk keindahan saja.
cara membasmi tikus dengan pengusir tikus

Selain cara diatas ada yang menyarankan agar menangkap tikus setidaknya satu ekor saja, kemudian mewarnai tikus tersebut dengan cat sehingga warnanya berubah kemudian dilepas kembali untuk berkumpul dengan koloni atau kelompok tikus. Kelompok tikus akan menjadi bercerai berai akibat datangnya tikus yang berbeda warna tersebut sehingga tidak lagi menghuni rumah anda. 

Satu lagi bila dikota anda ada jasa pengusir tikus, anda dapat mencobanya. Dari pada anda berjijik-jijik anda dapat memanfaatkan jasa tersebut.