Merancang Pilar Untuk Teras rumah

Teras merupakan bangunan yang tampak terlebih dahulu dari sebuah rumah. Setiap tamu ataupun sanak saudara, atau siapapun saja yang datang kerumah akan menemui bagian teras terlebih dahulu. Oleh sebab itu maka wajar bila teras harus dibuat dengan menarik dan menimbulkan kesan menyenangkan. 

Teras harus disesuaikan dengan ukuran dan model rumah secara keseluruhan. Setelah teras pada umumnya bangunan rumah akan dilanjutkan dengan ruang tamu. Teras dengan tampilan menarik akan tampak serasi dengan desain furniture dan penataan ruang tamu yang sepaham dengan tema rumah yang diusung. Disarankan sebelum teras dibuat  pemilik rumah memiliki gambar model teras yang diinginkan.
gambar model teras minimalis
sumber:desaingambarrumahminimalis.com

Untuk membangun teras rumah minimalis ada dua faktor penting yang perlu diketahui pemilik rumah. Faktor tersebut antara lain:
  • Konsep Teras apakah menggunakan tema klasik ataukah Tema Elegan.
  • Bahan yang digunakan menyesuaikan tema yang akan diangkat dalam pembuatan teras
gambar model teras belakang
Sumber: caramembuatmu.com

Untuk membuat rumah minimalis tambah menarik dan indah, Beberapa orang menambahkan teras dengan pilar yang menambah kokohnya bangunan. Sebelum membangun hunian minimalis pemilik rumah harus memiliki desain, denah dan gambaran tampilan eksterior yang sudah dipertimbangkan dengan matang.
gambar model  pilar teras rumah minimalis

Untuk rumah yang mengusung konsep klasik umumnya bahan tiang yang biasanya terbuat dari material kayu harus dipilih bahan yang tidak mudah terkikis dan tidak disukai rayap. Untuk menahan gempuran rayap dan kutu perlu diberikan obat anti rayap

Sedangkan untuk tema Elegan biasanya menggunakan bahan beton ataupun besi. Dalam prakteknya, tiang penyangga dibuat untuk menahan beban diatas teras. Agar mampu menahan beban, tiang harus memiliki kekuatan rangka otot. Kekuatan tiang ini berkaitan langsung dengan jenis bahan yang digunakan serta cara pembuatan tiang. 

Pada waktu dulu pembuatan tiang beton membutuhkan banyak waktu dan ketelitian. Belum lagi untuk membuat tampilan tampak menarik perlu pemasangan batu alam ataupun keramik yang dipasang secara teliti. Namun Pembuatan tiang sekarang bisa lebih singkat dan biayanya lebih murah.

Saat ini untuk membuat tiang teras, tidak perlu serumit dulu. Sekarang sudah ada bahan untuk membuat tiang teras yang sudah dicetak dan tinggal pasang. Namun, untuk pemasangan tetap perlu ketelitian dan kesabaran walaupun tidak serumit cara lama. Karena bahan tiang yang umumnya disebut cincin pilar tidak dapat menahan beban terlalu berat. Jadi dalam pemasangannya sebaiknya satu persatu dari bawah kemudian di cor. Setelah kering baru naik satu tingkat lagi diatasnya. 

Berikut gambar model dan cara menyusun pilar teras depan rumah.
gambar model pilar
Agar pemasangan cincin berhasil lurus vertikal dan bisa cepat berhasil, maka pastikan ketika memasang cincin pilar selalu lurus vertikal untuk satu per satu cincin. Jangan terlalu berpatokan pada cincin pilar yang bawah saja. Pastikan saja di bagian cincin yang sedang dicor. Anda dapat menggunakan benang timbangan atau waterpas untuk mengetahui cincin yang sedang dicor sudah  lurus vertikal atau belum. 

Jangan gusar untuk merapikan celah antara cincin terlebih dulu. Pastikan saja posisinya dahulu, bila sudah yakin cincin lurus vertikal baru nanti setelah kering anda dapat merapikan celah antara cincin dengan semen dan finishing dengan cat atau semacamnya.
gambar model penyusunan pilar
gambar model penyusunan pilar


Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.