Mengenal Jenis dan Fungsi Palu

Palu (Hammer) merupakan salah satu alat perkakas yang wajib tersedia di rumah. Palu ternyata ada banyak jenisnya, anda bisa mendapatkannya di toko perlengkapan bangunan ataupun toko perkakas. Sebelum anda membeli palu, maka ada baiknya untuk mengetahui dulu jenis dan fungsi palu yang tepat untuk membantu pekerjaan anda.

Palu memiliki bentuk yang mudah kita kenali, yaitu terdiri dari dua bagian. Bagian yang pertama kepala palu sebagai bagian yang dipukulkan dan tangkai untuk pegangan orang yang menggunakanya. Bagian kepala palu bermacam-macam bahannya. Bahan dan bentuk kepala palu berpengaruh besar terhadap fungsi palu. Sedangkan bagian tangkai biasanya terbuat dari kayu atau logam yang seringkali dilapisi dengan karet.

Palu sudah biasa kita kenal sebagai alat untuk membantu menancapkan paku. Tetapi, ternyata tidak hanya itu saja. Ternyata palu memiliki banyak jenis yang berkaitan erat dengan fungsinya. Secara garis besar palu dibagi dalam dua kategori, yaitu palu keras dan palu lunak. Keras atau lunak yang dimaksud adalah pada bagian kepala palu. Pada umumnya palu keras terbuat dari baja dan campuran karbon sebesar 0.6%.  Sedangkan palu lunak ada banyak macam pembuatnya.

Mengenal Jenis Palu dan Fungsinya

Palu Cukit

Jenis palu ini juga termasuk palu keras. Bentuk kepala bagian depan mirip seperti palu bulat, tetapi perbedaan besarnya dibagian belakangnya yang tidak bulat tetapi berbentuk seperti cakar (cukit). Palu ini memang memiliki fungsi untuk memukul palu dan mencabut paku.
Mengenal Jenis dan Fungsi Palu
palu cukit

Palu Bulat

Palu jenis bulat mudah dikenali sebab sering ditemui menjadi alat perkakas rumah. Palu ini tergolong sebagai palu keras. Kepala palu terbuat dari baja dengan bentuk bagian belakang kepala bulat (seperti konde). Sedangkan bagian depan rata berfungsi untuk memukul paku atau benda lain yang butuh didorong. Bagian berbentuk bulat ini tidak untuk memukul paku tetapi untuk membuat cekungan pada permukaan pada bidang kerja.
Mengenal Jenis dan Fungsi Palu
palu bulat


Palu Bodem atau Palu Godam

Palu ini merupakan palu berukuran besar dan berat. Karena ukurannya yang besar berat palu ini rata-rata bisa mencapai lebih dari 6kg. Palu ini memiliki bentuk kepala blok besar dengan tangkai sepanjang 0.5 hingga 1 meter. Palu ini dibuat besar dan berat karena berfungsi untuk memecahkan benda keras. Biasanya digunakan pada pekerjaan pertambangan dan bangunan untuk memecahkan batu atau beton. Pada umumnya palu ini ditandai dari ukuran satuan pon atau 453,6 gram disingkat lb, mulai 2lb hingga 12 lb.
Mengenal Jenis dan Fungsi Palu
palu bodem

Palu Karet

Kalau jenis palu yang satu ini sebaiknya jangan anda paksakan untuk memasang paku. Palu ini termasuk palu lunak, kepala palu terbuat dari karet. Palu ini khusus digunakan untuk pekerjaan mengemall plat. Biasanya digunakan untuk pembuatan mal pada plat agar tidak tergores.
Mengenal Jenis dan Fungsi Palu
palu karet

Palu Plastik

Kepala Palu yang ini terbuat dari plastik, sehingga termasuk sebagai palu lunak. Biasanya palu ini digunakan untuk memukul benda yang lunak. Palu ini digunakn agar benda yang dipukul tidak pecah dan tidak tergores.
Mengenal Jenis dan Fungsi Palu
palu plastik

Palu Tembaga

Seperti namanya Palu tembaga maka palu ini juga terbuat dari tembaga. Palu tembaga ini jarang ditemui dirumah-rumah sebab palu ini biasanya digunakan khusus untuk pekerjaan yang berkaitan dengan alat listrik. Tembaga yang memiliki tingkat kekerasan lebih rendah dari besi membuat palu ini dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan bagian mesin listrik tanpa merusaknya. Tembaga lama-kelamaan bisa mengeras dan agar palu ini dapat difungsikan kembali maka perlu dipijarkan lagi agar kembali lunak.
Itulah tadi jenis-jenis palu yang perlu anda ketahui. Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

Mengenal Jenis dan Fungsi Palu
palu tembaga