Persiapan Rumah Menjelang Masa Mudik Lebaran

Masa mudik lebaran merupakan masa yang sering ditunggu tunggu sebagian besar orang Indonesia. Para kerabat dan sanak famili saling bersilaturami dan menyambung kembali tali persaudaraan yang selama setahun mungkin jarang bertemu. Sebelum momen Idul Fitri datang sebaiknya rumah yang menjadi tujuan mudik lebaran perlu dipersiapkan dengan baik, agar suasana dan saat lebaran menjadi saat yang tidak terlupakan.

Sebaiknya persiapan lebaran dilakukan sejak jauh hari sebelum saat hari raya datang. Sebelum mulai anda perlu membuat daftar list apa saja kegiatan dan keperluan yang perlu dilakukan. Dengan adanya list tersebut akan mempermudah memprediksi kebutuhan anggaran, prioritas kebutuhan dan juga strategi kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian keperluan lebaran. Dalam list tersebut anda dapat memasukkan berbagai macam kebutuhan. Namun untuk tulisan artikel kali ini lebih fokus pada kebutuhan yang berhubungan dengan rumah.
kebutuhan rumah saat idul fitri

Persiapan selanjutnya adalah mulai membersihkan berbagai macam pernak pernik rumah. Sebaiknya dilakukan dengan cara menyicil bagian perbagian sehingga tidak membuat anda terlalu capek apalagi anda melakukannya disaat sedang berpuasa. Pembersihan dapat dimulai dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan seterusnya ke ruang lainnya. Prioritaskan dahulu ruangan yang banyak diakses oleh tamu ataupun yang akan digunakan oleh banyak orang.

Anda dapat melakukan pengecatan kembali dinding yang sudah mulai kusam atau bila anda ingin suasana lain anda dapat mengecat dengan warna yang lain. Untuk pengecatan, sebaiknya anda melakukannya sebelum 3 minggu sebelum hari lebaran karena cat baru akan membutuhkan waktu pengeringan dan juga perlu tenaga untuk menggeser dan mengembalikan posisi perabot yang berada diruangan sedang dicat. 

Selain dinding ruangan anda dapat pula mengecat ataupun meremajakan kembali lapisan politur perabot atapun furniture berbahan kayu. Mengganti lapisan sofa juga akan membuat tampilan rumah menjadi berbeda. Bahkan anda dapat membuat suasana terasa baru dengan cara melakukan kegiatan sederhana seperti memindahkan posisi furniture, hiasan dinding, foto ataupun lukisan ke posisi yang lain.

Persiapan yang tidak kalah pentingnya dikala lebaran yang tidak boleh ketinggalan adalah hidangan kue ataupun hidangan makanan. Para Ibu biasanya lebih kreatif dalam memilih dan menyajikan hidangan ini. Mengganti tempat kue ataupun tempat makanan dengan disesuakan dengan gaya ruangan yang ada akan menambah cantik dan membuat suasana lebih menarik. Bila ada makanan tentu perlu juga anda persiapkan tempat untuk cuci tangan, lap ataupun tissue dan juga tempat sampah. Persiapkan pula jenis alat yang sesuai untuk menyantap hidangan. 

Jangan lupa juga periksa penerangan yang perlu untuk menerangi ruangan. Penggantian lampu atapun model lampu mungkin perlu dilakukan namun setidaknya anda menyiapkan satu atau beberapa lampu cadangan, semuanya perlu disesuaikan dengan anggaran yang anda rencanakan. Siapkan pula penerangan atau lampu emergency untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan saat keluarga berkumpul. Agar suasana lebih sejuk dan nyaman perlu ditambah dengan penyejuk udara dan juga pengharum ruangan.